Memperpendek Link dengan bit.ly

Perpendek Alamat Dengan bit.ly

Pada zaman digitalisasi yang sudah tidak asing lagi menggunakan sebuah website untuk membagikan sebuah informasi tertentu. Salah satunya penggunaan google form mempunyai tautan link cukup panjang, akan tetapi tidak semua orang mengetahui cara memperpendek link melalui situs tertentu.

Salah satunya kami sering melakukan hal ini dengan cara shorten link untuk keperluan tertentu, misalnya penggunaan google form untuk disebarkan kepada orang lain. Kelebihan penggunaan shorten tautan link ini untuk bisa mengingat kepada orang lain.

Jadi pada saat kita membagikan link tautan yang terlalu panjang, tidak akan enak dipandang dan sulit dihafal. Berbeda dengan cara memperpendek tautan dengan situs tertentu, kita bisa mengcustomisasi atau mengatur penamaan link sesuai keinginan kita.

Oke, masih belum paham ? Wkwk, untuk lebih detail lagi kami akan tuliskan secara perlahan lagi dalam pembahasan cara shorten atau memperpendek URL dibawah ini:

Cara Memperpendek Link dengan Mudah

Apakah anda sudah mengenali bit.ly ? Sudah tidak asing lagi ya dipandangan kita karena memang banyak sekali orang telah menggunakannya.

Seperti inilah tampak dari cara memperpendek url yang dimaksud https://bit.ly/2GeFK9s , Akan tetapi kita bisa mengkustomisasi sesuai keinginan kita yang lebih mudah di ingat.

Link shorten tersebut apakah sudah pendek ? Pasti sudah jauh lebih pendek dari sebelumnya, akan tetapi apakah kita bisa mengingat dari link tersebut ?

Jika ada salah satu huruf dibelakang ( 2GeFK9s ) tidak sesuai huruf kecil ataupun huruf besar, maka Anda tidak akan bisa mengakses link yang telah di shorten.

Bagaimana kita bisa mengatasi hal ini ? Kita akan bahas dengan beberapa situs yang menyediakan fitur shorten atau memperpendek link. Untuk secara fungsi sama saja, akan tetapi yang berbeda adalah dalam pengalamatan link karena setiap situs akan berbeda.

# Memperpendek Link dengan bitly.com

Pertama, kita akan mencoba dengan situs bitly sebagai url shortener sebagai salah satu yang memang sangat direkomendasikan. Jika kita mengingat dahulu shortener ini dengan alamat situs bit.ly sebelum beralih menggunakan bitly.com.

Akan tetapi secara fungsi tetap saja, kemungkinan dari pihak bitly mengubah alamat domain tersebut untuk bisa mudah di ingat oleh pengguna. Untuk tampilan websitenya seperti dibawah ini :

Untuk memulai Anda bisa mengunjungi URL Link disini. https://bitly.com/

Cara Menggunakan URL Sortener bitly.com

Lanjut, kita akan mencoba mempraktikan bagaimana sih cara shorten url di situs ini. Anda tinggal siapkan link google form atau link lainnya untuk diperpendek. Silahkan untuk membuka situsnya, lalu Anda tinggal scroll kebagian bawah seperti ini.

Pada kolom tersebut, Silahkan untuk pastekan URL yang sudah di salin dan pastikan menekan tombol Shorten.

Selamat, Anda sudah bisa memperpendek link dengan website bitly yang selanjutnya langsung saja bisa disebarkan kemana saja yang Anda mau.

Tidak berhenti sampai sini, kita bisa mengkustom link dengan nama sesuai yang kita inginkan. Ada beberapa langkah yang harus kita lakukan diantaranya mendaftarkan ke situs bersangkutan. JIka anda belum mendaftar atau Sign Up silahkan untuk daftar dan masukan email aktif serta password terserah ya.

Bisa juga menggunakan akun google, Akan tetapi kami menyarankan untuk daftar seperti biasanya.

Jika sudah mendaftar dengan benar, pastikan anda sudah login dengan akun email yang telah didaftarkan. Masukan password yang telah Anda buat, untuk tampilan Dashboard user seperti ini.

Membuat Link Custom di Situs Bitly

1. Pilih menu Create > Paste Long URL Anda.

2. Pada bagian ini kita bisa memainkan susuai keinginan kita, JIka anda sudah paste link secara otomatis akan berubah tampilan seperti ini.

Pada bagian akhir, Anda bisa merubah link sesuai keinginan dan masukan Title sebagai pengenalan judul pada postingan. Hasil akhir customisasi link dari https://bit.ly/3aA5Wt8 > http://bit.ly/DarkModeInstagram 

Ini sangat menguntungkan kepada kita sebagai pengguna, Jadi tidak perlu repot harus membagikan link melalui whatsapp atau lainnya. Kita bisa menyebuatkan langsung secara lisan karena link tersebut mudah di ingat dan dilafalkan. 

Baca juga : 

https://rendikrismayuda.wordpress.com/2014/05/12/cara-shortener-link-dengan-bitly-bit-ly/

https://ogasite.com/

Dipublish Ulang : munssolo.blogspot.com


Komentar